Selasa, 22 Februari 2011

Informasional dan Transformasional Appeals

Komunikasi adalah salah satu hal penting yang harus ada saat kita ingin memasarkan sebuah produk. Tanpa hal itu, kita tidak bisa menyampaikan maksud dan tujuan kita membuat sebuah pproduk barang atau jasa. Dalam strategi yang kreatif ada dua pendekatan, yaitu pendekatan informational dan pendekatan transformational.

Pendekatan Informational adalah merinci pada atribut atau keuntungan dari pemakaian sebuah produk barang atau jasa. Sebagai contohnya dalam iklan daktarin dengan selogan utama mereka “dah jamur” yang merupakan suatu bentuk informational yang akan diberikan oleh daktarin kepada konsumen jika mereka membelinya. Solusi yang ditimbulkan dari daktarin inilah yang disebut sebagai informational appeal. Artinya jika kita memakai daktarin maka kita akan mendapatkan keuntungan seperti menghilangkan gangguan jamur kulit seperti panu, kadas, dan kurap.

Pendekatan Transformational berarti merinci bukan pada produk atau gambaran produk yang berhubungan, tetapi melukiskan seperti apa orang yang menggunakan merek itu atau pengalaman hidup yang didapat dari pemakaian merek tersebut (membangkitkan kesan komunikan akan suatu pengalaman hidup atau referensi diri khalayak akan memiliki kemungkinan untuk diingat dalam jangka waktu yang panjang). Contohnya iklan tolak angin dengan selogannya “orang pintar minim tolak angin”. Kalimat tersebut mengandung unsur pengertian bahwa orang yang membeli tolak angin merupakan orang pintar karena mereka memilih produk yang tepat. Sesuai dengan selogannya, tolak angin dianggap sebagai produk dalam negri yang pas untuk dikonsumsi orang. Buktinya orang pintar minum tolak angin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar