Komunikasi
adalah salah satu hal penting yang harus ada saat kita ingin memasarkan sebuah
produk. Tanpa hal itu, kita tidak bisa menyampaikan maksud dan tujuan kita
membuat sebuah pproduk barang atau jasa. Dalam strategi yang kreatif ada dua pendekatan, yaitu pendekatan
informational dan pendekatan transformational.
Pendekatan
Informational
adalah merinci pada atribut atau keuntungan dari
pemakaian sebuah produk barang atau jasa. Sebagai contohnya dalam
iklan daktarin dengan selogan utama mereka “dah jamur” yang merupakan suatu
bentuk informational yang akan diberikan oleh daktarin kepada konsumen jika
mereka membelinya. Solusi yang ditimbulkan dari daktarin inilah yang disebut
sebagai informational appeal. Artinya jika kita memakai daktarin maka kita akan
mendapatkan keuntungan seperti menghilangkan gangguan jamur kulit seperti panu,
kadas, dan kurap.
Pendekatan Transformational
berarti merinci bukan pada produk atau gambaran produk yang berhubungan, tetapi
melukiskan seperti apa orang yang menggunakan merek itu atau pengalaman hidup
yang didapat dari pemakaian merek tersebut (membangkitkan kesan komunikan akan
suatu pengalaman hidup atau referensi diri khalayak akan memiliki kemungkinan
untuk diingat dalam jangka waktu yang panjang). Contohnya iklan tolak angin
dengan selogannya “orang pintar minim tolak angin”. Kalimat tersebut mengandung
unsur pengertian bahwa orang yang membeli tolak angin merupakan orang pintar
karena mereka memilih produk yang tepat. Sesuai dengan selogannya, tolak angin
dianggap sebagai produk dalam negri yang pas untuk dikonsumsi orang. Buktinya
orang pintar minum tolak angin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar